Pariwisata

2019 Kopi Sumsel Mendunia, Sekanak Besolek Jadi Ikon

BalaiRakyat.com Palembang – Sumatera Selatan (SumSel) terkenal dengan wisata Kuliner, seperti pempek, pindang, tekwan buah duku dan durian. Namun, banyak masyarakat tidak mengetahui bahwa Sumsel mempunyai potensi kopi sangat tinggi.

Hal tersebut membuat Panitia Musi Coffee Culture 2019 membangkitkan motivasi nya agar masyarakat lokal maupun internasional mengenal kopi Sumsel.

Ketua pelaksana kegiatan, Iyan Muhazan, mengatakan kegiatan berlangsung daei 5 hingga 6 april 2019 dengan berbagai macam kegiatan.

“Kegiatan pertama kita ada pembukaan dan workshop langsung dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia dengan pembicara yang kompeten. Seminar diadakan di dalam Gedung Jacobson Van Den Berg yang merupakan gedung tertua dan pertama kali di buka untuk umum. Juga ada pameran photo dan stand petani, jadi pengunjung bisa belajar tentang kopi agar mengenal lebih banyak mengenai kopi. Juga ada barista Nasional berprestasi kompeten dari Jakarta, katanya.

Kegiatan yang diadakan di di Pelantaran Gedung Jacobson Van Den Berg menghadirkan 20 tenant kopi terbaik yang ada di palembang juga mengundang perwakilan petani dari 6 Kabupaten penghasil kopi yang ada di Sumsel, serta hiburan band dan untuk besok akan ada Hutan Tropis Band yamg ikut memeriahkan acara penutupan.

Menurut Iyan, posisi yang strategis menjadi daya tarik tersendiri, pasalnya posisi gedung ini berada di sekitaran sungai sekanak besolek, kawasan destinasi utama pemerintah Palembang. Sehingga diharapkan dapat menarik perhatian wisatawan lokal maupun luar untuk datang ke palembang.

Menanggapi itu, Direksi Perusahaan Perdagangan Indonesia (persero) Ahmad Yani mengatakan, tahun ini pihaknya akan mengekspor 3-4 Juta ton Kopi ke Negara tujuan ekspor yaitu Taiwan, China, Mesir dan Inter Afrika. Kopi yang banyak di kenal di kalangan luar merupakan kopi Jawa, contohnya Kopi Garut dan Kopi Ciwidey.

“Untuk Sumsel kita minta mempersiapkan diri mengekspor sebanyak 500 ribu ton Kopi di bulan Mei, Juni, Juli 2019 ini, ” kata nya yang juga pemilik dan pengelola Gedung Jacobson Van Den Berg Palembang.

Editor : Krisna Hadi

Close